Resep Ikan Kakap Bakar Praktis

Ikan kakap merupakan salah satu jenis ikan laut yang mudah dijumpai di pasaran. Ikan ini memiliki ciri tubuh yang agak bulat dan cenderung pipuh. Siripnya memanjang di wilayah punggung. Ikan ini dijumpai dalam berbagai jenis antara lain ikan kakap hitam, ikan kakap merah, dan juga ikan kakap kuning. Di Indonesia sendiri, jenis ikan kakap yang paling populer dijumpai adalah ikan kakap berwarna merah. Ikan ini terkenal dengan rasanya yang khas, gurih dan nikmat. Anda pun boleh jadi telah merasakan ikan kakap ini. Nah pada artikel ini kami akan menyajikan resep ikan kakap bakar yang layak Anda coba di rumah. Mudah dan praktis! Selamat menyimak.


Siapkan Bahan-bahan!

Untuk membuat ikan kakap bakar ini, siapkan bahan-bahan berikut ini:
  1. Ikan kakap merah sebanyak 1 ekor. Bersihkan dan kerat-kerat hingga sisiknya terbuang sempurna.
  2. Jeruk limau sebanyak 2 buah.
  3. Kecap manis sebanyak 3 sendok makan.
  4. Minyak sayur/goreng secukupnya.

Sementara itu, bumbu halus yang dibutuhkan untuk membuat ikan kakap bakar ini adalah:
  1. Bawang merah sebanyak 4 butir.
  2. Bawang putih sebanyak 3 siung,
  3. Cabe keriting sebanyak 4 buah.
  4. Cabe merah sebanyak 2 biji.
  5. Kecap manis secukupnya.
  6. Gula secukupnya.
  7. Garam dan penyedap sesuai selera Anda.

Ikan kakap bakar kali ini bisa disantap dengan sambal kecap. Untuk membuat sambal kecap ini, bahan-bahan yang diperlukan adalah:
  1. Kecap manis sebanyak 5 sendok makan.
  2. Cabe rawit sebanyak 10 buah. Bersihkan dan rajang tipis.
  3. Bawang merah sebanyak 2 buah. Bersihkan dan rajang tipis.

Mari Membuat Ikan Kakap Bakar

Setelah semua bahan siap, saatnya Anda membuat ikan kakap bakar. Adapun langkah demi langkahnya sebagai berikut:
  1. Ikan kakap yang telah dibersihkan diolesi dengan air perasan jeruk limau. Taburi sedikit garam dan remas-remas. Diamkan selama 15 menit agar meresap.
  2. Panaskan wajan dengan minyak goreng. Kemudian tumislah bumbu yang telah dihaluskan hingga baunya harum. tambahkan garam dan juga gula. Aduk hingga matang. Terakhir masukkan kecap. Kembali aduk hingga merata.
  3. Selanjutnya, bumbu yang telah ditumis tersebut dioleskan pada ikan kakap tadi. Cara lainnya adalah dengan menggoreng ikan kakap sampai setengah matang baru kemudian diolesi bumbu dan dibakar hingga matangnya lebih sempurna.
Ikan kakap bakar Anda siap disajikan dengan sambal kecap. Untuk sambal kecap ini, cara membuatnya cukup mudah yakni dengan mencampur kecap manis dengan rajangan bawang merah dan juga cabe rawit. Hidangkan bersama dengan ikan kakap bakar Anda. Mudah bukan? Selamat mencoba ya!