Melirik Peluang Bisnis Ikan Bakar

Peluang Bisnis Ikan Bakar
Anda ingin melebarkan pundi-pundi keuangan Anda tapi bingung hendak memulai bisnis apa? Kenapa tidak mencoba bisnis ikan bakar? Trend wisata kuliner dewasa ini menjanjikan keuntungan berlipat ganda bagi mereka yang menggeluti bisnis kuliner. Ikan bakar termasuk ke dalam daftar makanan yang digemari hampir semua orang. Karena itu, bukan hal yang berlebihan jika Anda memimpikan keuntungan dari ikan bakar ini. Tertarik mencoba? Untuk memulai bisnis ikan bakar, ada beberapa hal mendasar yang perlu Anda ketahui.

Keuntungan Di Balik Usaha Ikan Bakar


Hal paling krusial yang perlu Anda ketahui dari usaha ini adalah prospek keuntungannya. Ada beberapa poin menggiurkan dari bisnis ikan bakar ini, antara lain:

  1. Usaha ini terkesan eksklusif sebab menu ikan bakar memang cukup menarik dengan harga medium hingga tinggi. Jika Anda bisa meracik bumbu khas yang berbeda dari tempat lainnya, maka sah-sah saja memasang harga tinggi.
  2. Peluang pasar bisnis ikan bakar ini cukup luas, selain itu, persaingannya masih belum seketat usaha bakso, nasi goreng dan ikan bakar.
  3. Oleh sebab harga jual yang tinggi, maka peluang laba bersih yang diterima bisa mencapai 100% dari modal yang Anda sediakan.
Sadari Resikonya!

Selain mengatahui prospek keuntungannya, Anda juga wajib mengetahui resikonya, antara lain:
  1. Jika ikan bakar Anda tidak memiliki keistimewaan dibandingkan ikan bakar lainnya, akan susah untuk menarik konsumen setia. Dalam beberapa kasus, ikan bakar yang biasa-biasa saja bangkrut dalam 3 tahun pertama.
  2. Sebagai usaha kuliner, umumnya Anda harus menyewa tempat untuk menjalankan usaha Anda. Memilih tempat ini juga persoalan yang harus Anda pikirkan matang-matang, sebab salah memilih tempat akan berdampak besar pada kelancaran usaha Anda. Makanan enak tapi letaknya tidak strategis, susah dilirik pembeli.
  3. Usaha kuliner selalu terbentur dengan harga sembako yang fluktuatif, harga gas yang lebih sering naik ketimbang turun. Dengan demikian, selalu ada kondisi dimana Anda harus menaikakn harga ikan bakar Anda. Jika konsumen mencintai cita rasa makanan Anda, mereka akan bertahan. Tapi jika tidak, Anda akan ditinggalkan.
  4. Resiko lainnya yang perlu diperhatikan adalah strategi marketing. Banyak rumah makan yang melupakan hal ini sehingga kecenderungan usaha mereka dikenal menjadi sangat kecil.
Pada prinsipnya, bisnis yang berhasil adalah pada saat Anda jatuh dua kali dan bangkit tiga kali. Demikian halnya dengan bisnis ikan bakar. Jatuh dan bangun adalah hal yang biasa. Namun, jika Anda memiliki ciri khas dalam hal rasa, Anda akan memenangkan pertarungan merebut hati konsumen. Jadi sebelum benar-benar memulai usaha ini, temukanlah cita rasa ikan bakar khas Anda yang komersil untuk dijual.